VISI, MISI, DAN TUJUAN PENDIDIKAN
- Visi MTs
Negeri Sukoharjo
“Menjadikan
MTs Negeri Sukoharjo sebagai salah satu madrasah yang berkualitas di bidang
akademis maupun non akademis, menghasilkan lulusan yang beriman dan bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, menguasai iptek, terampil,
berwawasan lingkungan, dan dambaan masyarakat”.
- Misi MTs
Negeri Sukoharjo
1.
Pengembangan Isi Kurikulum dengan meningkatkan kurikulum
satuan pendidikan(KSP), pelaksanaan KBK, penyusunan Silabus dan RPP (Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran), serta Sistem Penilaian
2. Pengembangan
Tenaga kependidikan yang berkaitan dengan peningkatan profesionalisme guru,
kompetensi guru dan tenaga TU, serta kuantitasnya
3. Peningkatan Proses Pembelajaran, dengan mengembangkan metode
pembelajaran, strategi pembelajaran dan penilaian serta pengembangan bahan dan
sumber belajar
4. Pengembangan
fasilitas pendidikan, dengan meningkatkan media pembelaran, sarana dan prasarana pendidikan serta menciptakan lingkungan belajar yang
kondusif
5. Meningkatkan
Standar Kelulusan, dengan mengembangkan pencapaian ketuntasan kompetensi, standar kelulusan setiap tahun
dan keberhasilan dalam lomba maupun hasil pelaksanaan tes akademik maupun non
akademik
6. Pengembangan
Standar Penilaian, dengan mengembangkan perangkat model penilaian pembelajaran,
implementasi model evaluasi pembelajaran, pengembangan instrumen/
perangkat soal/tes dan lomba, uji coba
sains/MIPA, serta penerapan model-model pembelajaran bagi anak berprestasi,
bermasalah dan kelompok anak lainnya.
7. Meningkatkan mutu lembaga
8. Menyelanggarakan
pendidikan yang bernuansa islami yang berwawasan lingkungan
9. Meningkatkan kompetensi guru
10. Meningkatkan keterampilan beribadah
11. Mengadakan pembinaan
madrasah swasta anggota KKM MTs Negeri Sukoharjo
C.
Tujuan Madrasah
1.Tujuan MTs Negeri
Sukoharjo
Menghantarkan
siswa MTs Negeri Sukoharjo Berkepribadian muslim, berakhlak mulia, Menguasai
ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga
siap menyongsong globalisasi.
2. Madrasah
memiliki /mencapai standar isi Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), meliputi :
a. Telah
dibuat kurikulum satuan
b. Pemetaan
semua mata pelajaran
c. Silabus
lengkap
d. Rencana
pelaksanaan pembelajaran lengkap
e. Mampu
menyusun model / sistem penilaian lengkap
3. Madrasah
mengembangkan silabus untuk kelas 7, 8 dan 9 semua mata pelajaran tahun 2008
4. Madrasah mengembangkan pemetaan Standar Kompetensi, Kompetensi
Dasar, indikator, Aspek setiap mata pelajaran untuk kelas 7, 8 dan 9.
5. Madrasah mengembangkan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) untuk
kelas 7 s.d 9 semua mata pelajaran
6. Madrasah meningkatkan profesionalitas guru
7. Madrasah meningkatkan kompetensi guru dan tenaga tata usaha
8. Madrasah melaksanakan
monitoring dan evaluasi (MONEV) terhadap kinerja guru dan tata usaha
9. Madrasah meningkatkan kualitas dan kuantitas tenaga kependidikan
sesuai dengan kebutuhan
10. Madrasah memiliki /mencapai standar proses pembelajaran, dengan
melaksanakan
a. Pembelajaran
dengan strategi /pendekatan CTL (Contekstual Teaching danlearning)
b. Dengan
pendekatan belajar tuntas (Mastery Learning)
c. Dengan
pendekatan pembelajaran individual
11. Madrasah mengembangkan bahan ajar dan sumber pembelajaran serta
alat/bahan pembelajaran
12. Madrasah meningkatkan dan mengembangkan media pembelajaran
13. Madrasah memiliki /mencapai standar pendidik dan tenaga kependidikan,
meliputi:
a. Semua
guru berkualifikasi minimal S1 atau mengikuti program penyetaraan
b. Semua
guru mengajar sesuai dengan bidangnya dan latar belakang pendidikannya
14. Madrasah memiliki/mencapai standar sarana, prasarana pendidika
dengan standar nasional atau fasilitas
sekolah dan perawatannya
sesuai pelayanan minimal / Standar Nasional Pendidikan
15. Madrasah menciptakan lingkungan belajar yang kondusif
16. Menciptakan
hubungan silaturahin yang harmonis, antarwarga sekolah
17. Menciptakan
suasana kelas, ruangan, halaman, dan ruang lainnya yang menyenangkan
18. Madrasah
memiliki/mencapai standar pencapaian ketuntasan kompetensi yang terdiri :
a.
Mampu menampilkan kebiasaan sopan santun dan berbudi pekerti sebagai
cermin akhlak mulia dan iman taqwa
b.
Mampu menguasai dan memahami mata pelajaran yang
dipelajari dan terlihatpada hasil ujian (UN) yang membanggakan, mampu berbahasa
Inggris/Arab secara aktif
c.
Mampu mengoperasikan komputer aktif untuk program
microsoft word dan excel
d.
Mampu melanjutkan
ke SMA/SMK terbaik sesuai pilihannya melalui
pencapaian target pilihan yang ditentukan sendiri.
e.
Mampu bersaing dalam mengikuti berbagai kompetisi
akademik dan nonakademik di tingkat
kecamatan, kota madya, propinsi dan nasional.Memiliki
kecakapan hidup personal, sosial, environmental dan pravocasional
19. Madrasah memiliki standar prestasi atau standar
Kompetensi Kelulusan, seperti berikut :
a. Menunjukkan
kemampuan dan percaya diri
b.
Mematuhi aturan-aturan sosial
c.
Memahami dan menerapkan kebersamaan dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta menunjukkan kebanggan
diri sebgai bangsa Indonesia
d.
Memahami adanya keberagaman suku, ras dan golongan
e.
Menunjukkan kemampuan berpikir kritis, logis,
kreatif dan inovatif
f.
Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri
sesuai sesuai dengan potensi yang dimilikinya
g.
Menunjukkan kemampuan memecahkan masalah
dalam lingkungan terdekat
h.
Memanfaatkan lingkungan secara bertanggung
jawab dan melindungi diri sendiri dari bahayanya
i.
Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis
j.
Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki
kemampuan untuk berkarya
k.
Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, bugar dan
sehat
l.
Berkomunikasi dan berinteraksi secara santun
dan efektif
m.
Memahami hak dan kewajiban diri dan orang
lain dalam pergaulan di masyarakat
n.
Menghargai adanya perbedaan pendapat
o.
Menguasai kompetensi akademik untuk mengikuti pendidikan
menengah
p.
Mengembangkan kejuaraan lomba-lomba akademik dan non
akademik
q.
Mengembangkan dan melengkapi administrasi sekolah
r.
Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dan melaksanakan
monitoring dan evaluasi tentang kinerja sekolah
s.
Melaksanakan supervisi klinis terhadap kegiatan
pembelajaran
t.
Menciptakan usha-usaha dengan memberdayakan potensi
sekolah dan lingkungan Mengembangkan perangkat model-model penilaian/evaluasi
pembelajaran dan mengimplementasikannya (ulangan harian, ulangan mid semester,
ulangan akhir semester, ulangan kenaikan kelas, dll)
u.
Mengembangkan instrumen atau perangkat soal-soal untuk
berbagai model evaluasi
20.
Mengembangkan kejuaraan lomba-lomba akademik dan non
akademik
21. Mengembangkan
dan melengkapi administrasi sekolah
2. Tujuan Per Mata Pelajaran
Al-Qur'an-Hadis
a. Meningkatkan
kecintaan siswa terhadap al-Qur'an
dan hadis.
b. Membekali siswa
dengan dalil-dalil yang terdapat dalam al-Qur'an dan hadis
sebagai pedoman dalam menyikapi dan menghadapi kehidupan.
c. Meningkatkan
kekhusyukan siswa dalam beribadah terlebih salat, dengan menerapkan hukum
bacaan tajwid serta isi kandungan surat/ayat dalam surat-surat pendek yang
mereka baca.
Akidah-Akhlak
a.
Menumbuhkembangkan akidah melalui
pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan,
pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang akidah Islam sehingga
menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada
Allah SWT;
b.
Mewujudkan manusia Indonesia yang berakhlak mulia
dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam
kehidupan individu maupun sosial, sebagai manifestasi dari ajaran dan
nilai-nilai akidah Islam.
Fikih
a. mengetahui
dan memahami pokok-pokok hukum Islam dalam mengatur ketentuan dan tata cara
menjalankan hubungan manusia dengan Allah yang diatur dalam fikih ibadah dan
hubungan manusia dengan sesama yang diatur dalam fikih muamalah
b. Melaksanakan
dan mengamalkan ketentuan hukum Islam dengan benar dalam beribadah kepada Allah
dan ibadah sosial. Pengalaman tersebut diharapkan menumbuhkan ketaatan
menjalankan hukum Islam, disiplin dan tanggung jawab sosial yang tinggi dalam
kehidupan pribadi maupun sosial.
Sejarah Kebudayaan Islam
a. Membangun kesadaran
peserta didik tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan
norma-norma Islam yang telah dibangun
oleh Rasulullah saw dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
b. Membangun kesadaran
peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau, masa kini,
dan masa depan.
c. Melatih daya kritis
peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada
pendekatan ilmiah.
d. Menumbuhkan apresiasi
dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti
peradaban umat Islam di masa lampau.
e. Mengembangkan kemampuan
peserta didik dalam mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah
(Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena
sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk
mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
Bahasa Arab
1.
Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab,
baik lisan maupun tulis, yang mencakup empat kecakapan berbahasa, yakni menyimak
(istima’), berbicara (kalam), membaca (qira’ah), dan
menulis (kitabah).
2.
Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya bahasa Arab
sebagai salah satu bahasa asing untuk menjadi alat utama belajar, khususnya
dalam mengkaji sumber-sumber ajaran Islam.
3.
Mengembangkan pemahaman tentang saling keterkaitan antara
bahasa dan budaya serta memperluas cakrawala budaya. Dengan demikian, peserta
didik diharapkan memiliki wawasan lintas
budaya dan melibatkan diri dalam keragaman budaya.
Pendidikan Kewrganegaraan
a.
Berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam
menanggapi isu kewarganegaraan
b.
Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan
bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,
serta anti-korupsi
c.
Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk
diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup
bersama dengan bangsa-bangsa lainnya
d.
Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan
dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi
informasi dan komunikasi.
Bahasa Indonesia
a.
Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai
dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
b.
Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia
sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
c.
Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya
dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
d.
Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan
kemampuan intelektual, serta kematangan
emosional dan sosial
e.
Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas
wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan
berbahasa
f.
Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia
sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
Bahasa Inggris
a. Mengembangkan
kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan dan tulis untuk mencapai tingkat literasi functional
b. Memiliki kesadaran
tentang hakikat dan pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing
bangsa dalam masyarakat global
c. Mengembangkan pemahaman peserta didik tentang keterkaitan
antara bahasa dengan budaya.
Matematika
a. Memahami konsep
matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau
algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah
b. Menggunakan penalaran
pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat
generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika
c. Memecahkan masalah
yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika,
menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh
d. Mengomunikasikan
gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas
keadaan atau masalah
e. Memiliki sikap
menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu,
perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya
diri dalam pemecahan masalah.
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
a.
Meningkatkan keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha
Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaanNya
b. Mengembangkan
pemahaman tentang berbagai macam gejala alam, konsep dan prinsip IPA yang
bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
c.
Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif, dan
kesadaran terhadap adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA,
lingkungan, teknologi, dan masyarakat
d.
Melakukan inkuiri ilmiah untuk menumbuhkan kemampuan
berpikir, bersikap dan bertindak ilmiah
serta berkomunikasi
e.
Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam
memelihara, menjaga, dan melestarikan lingkungan serta sumber daya alam
f.
Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala
keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan
g.
Meningkatkan pengetahuan, konsep, dan keterampilan IPA
sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan
ke jenjang selanjutnya.
Ilmu
Pengetahuan Sosial
a. Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan
masyarakat dan lingkungannya
b. Memiliki
kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan
dalam kehidupan sosial
c.
Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap
nilai-nilai sosial dan kemanusiaan
d. Memiliki kemampuan
berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di
tingkat lokal, nasional, dan global.
Seni
Budaya
a. Memahami konsep dan
pentingnya seni budaya
b.
Menampilkan sikap apresiasi
terhadap seni budaya
c.
Menampilkan kreativitas melalui
seni budaya
d. Menampilkan peran
serta dalam seni budaya dalam tingkat lokal, regional, maupun global.
Penjaskes
a. Mengembangkan
keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan
kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan
olahraga yang terpilih
b. Meningkatkan
pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik.
c. Meningkatkan
kemampuan dan keterampilan gerak dasar
d. Meletakkan
landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang
terkandung di dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan
e. Mengembangkan
sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerjasama, percaya diri dan
demokratis
f. Mengembangkan
keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan
g. Memahami
konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk
mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil,
serta memiliki
sikap yang positif
TIK
a. Memahami teknologi
informasi dan komunikasi
b. Mengembangkan
keterampilan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
c. Mengembangkan sikap
kritis, kreatif, apresiatif dan mandiri dalam penggunaan teknologi informasi
dan komunikasi
d. Menghargai karya
cipta di bidang teknologi informasi dan komunikasi
Bahasa Daerah Lampung
1
Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Lampung,
baik lisan maupun tulis, yang mencakup empat kecakapan berbahasa, yakni menyimak,
berbicara, membaca, dan menulis.
2
Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya bahasa Lampung
sebagai salah satu bahasa Daerah untuk menjadi alat utama dalam mengkaji
sumber-sumber kebudaya daerah Lampung.
3
Mengembangkan pemahaman tentang saling keterkaitan antara
bahasa dan budaya. Dengan demikian, peserta didik diharapkan memiliki wawasan budaya daerahnya dan
melibatkan diri dalam keragaman budaya.
Bimbingan
Praktik Ibadah (BPI)
1. Meningkatkan kualitas
pengetahuan ibadah keseharian sehingga semakin meningkatkan kekhusyukan dalam
pelaksanaan ibadah
2. Menumbuhkan kesadaran
tentang pentingnya pelaksanaan ibadah sebagai upaya mendekatkan diri kepada
Alloh SWT sehingga dapat berimbas pada segala aspek kehidupan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar