Rabu, 16 Juli 2014

VISI, MISI, DAN TUJUAN PENDIDIKAN

  1. Visi MTs Negeri Sukoharjo
“Menjadikan MTs Negeri Sukoharjo sebagai salah satu madrasah yang berkualitas di bidang akademis maupun non akademis, menghasilkan lulusan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, menguasai iptek, terampil, berwawasan lingkungan, dan dambaan masyarakat”.


  1. Misi MTs Negeri Sukoharjo
1.      Pengembangan  Isi Kurikulum dengan meningkatkan kurikulum satuan pendidikan(KSP), pelaksanaan KBK, penyusunan Silabus dan RPP  (Rencana   Pelaksanaan    Pembelajaran), serta Sistem Penilaian
2.      Pengembangan Tenaga kependidikan yang berkaitan dengan peningkatan    profesionalisme guru,  kompetensi guru dan tenaga TU, serta kuantitasnya
3.      Peningkatan  Proses Pembelajaran, dengan mengembangkan metode pembelajaran, strategi pembelajaran dan penilaian serta pengembangan bahan dan sumber belajar
4.      Pengembangan fasilitas pendidikan, dengan meningkatkan media pembelaran, sarana   dan prasarana pendidikan  serta menciptakan lingkungan belajar yang kondusif
5.      Meningkatkan Standar Kelulusan, dengan mengembangkan pencapaian ketuntasan  kompetensi, standar kelulusan setiap tahun dan keberhasilan dalam lomba maupun hasil pelaksanaan tes akademik maupun non akademik
6.      Pengembangan Standar Penilaian, dengan mengembangkan perangkat model penilaian pembelajaran, implementasi model evaluasi pembelajaran, pengembangan instrumen/ perangkat  soal/tes dan lomba, uji coba sains/MIPA, serta penerapan model-model pembelajaran bagi anak berprestasi, bermasalah dan kelompok anak lainnya.
7.      Meningkatkan mutu lembaga
8.      Menyelanggarakan pendidikan yang bernuansa islami yang berwawasan lingkungan
9.      Meningkatkan kompetensi guru
10.  Meningkatkan keterampilan beribadah
11.  Mengadakan pembinaan madrasah swasta anggota KKM MTs Negeri Sukoharjo
C.          Tujuan Madrasah

1.Tujuan MTs Negeri Sukoharjo

Menghantarkan siswa MTs Negeri Sukoharjo Berkepribadian muslim, berakhlak mulia, Menguasai ilmu pengetahuan  dan teknologi sehingga siap menyongsong globalisasi.
2.      Madrasah memiliki /mencapai standar isi  Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), meliputi :
a.       Telah dibuat kurikulum satuan
b.      Pemetaan semua mata pelajaran      
c.       Silabus lengkap
d.      Rencana pelaksanaan pembelajaran  lengkap
e.       Mampu menyusun model / sistem penilaian lengkap
3.      Madrasah mengembangkan silabus untuk kelas 7, 8 dan 9 semua mata pelajaran tahun 2008
4.      Madrasah mengembangkan pemetaan Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, indikator, Aspek setiap mata pelajaran untuk kelas 7, 8 dan 9.
5.      Madrasah mengembangkan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) untuk kelas 7 s.d 9 semua mata pelajaran
6.      Madrasah meningkatkan profesionalitas guru
7.      Madrasah meningkatkan kompetensi guru dan tenaga tata usaha
8.      Madrasah  melaksanakan monitoring dan evaluasi (MONEV) terhadap kinerja guru dan tata usaha
9.      Madrasah meningkatkan kualitas dan kuantitas tenaga kependidikan sesuai dengan kebutuhan
10.  Madrasah memiliki /mencapai standar proses pembelajaran, dengan melaksanakan
a.       Pembelajaran dengan strategi /pendekatan CTL (Contekstual Teaching danlearning)
b.      Dengan pendekatan belajar tuntas (Mastery Learning)
c.       Dengan pendekatan pembelajaran individual
11.  Madrasah mengembangkan bahan ajar dan sumber pembelajaran serta alat/bahan pembelajaran
12.  Madrasah meningkatkan dan mengembangkan media pembelajaran



13.  Madrasah memiliki /mencapai standar pendidik dan tenaga kependidikan, meliputi:
a.       Semua guru berkualifikasi minimal S1 atau mengikuti program penyetaraan
b.      Semua guru mengajar sesuai dengan bidangnya dan latar belakang pendidikannya
14.  Madrasah memiliki/mencapai standar sarana, prasarana pendidika dengan  standar nasional atau fasilitas sekolah  dan  perawatannya  sesuai pelayanan minimal / Standar Nasional Pendidikan
15.  Madrasah menciptakan lingkungan belajar yang kondusif
16.  Menciptakan hubungan silaturahin yang harmonis, antarwarga sekolah
17.  Menciptakan suasana kelas, ruangan, halaman, dan ruang lainnya yang menyenangkan
18.  Madrasah memiliki/mencapai standar pencapaian ketuntasan kompetensi yang terdiri :  
a.       Mampu menampilkan kebiasaan  sopan santun dan berbudi pekerti sebagai cermin akhlak mulia dan iman taqwa
b.      Mampu menguasai dan memahami mata pelajaran yang dipelajari dan terlihatpada hasil ujian (UN) yang membanggakan, mampu berbahasa Inggris/Arab secara aktif
c.       Mampu mengoperasikan komputer aktif untuk program microsoft word dan excel 
d.      Mampu  melanjutkan ke SMA/SMK terbaik sesuai pilihannya melalui  pencapaian target pilihan yang ditentukan sendiri.
e.       Mampu bersaing dalam mengikuti berbagai kompetisi akademik dan  nonakademik di tingkat kecamatan, kota madya, propinsi dan nasional.Memiliki kecakapan hidup personal, sosial, environmental dan pravocasional
19.  Madrasah  memiliki standar prestasi atau standar Kompetensi  Kelulusan, seperti berikut  :          
a.       Menunjukkan kemampuan dan percaya diri
b.      Mematuhi aturan-aturan sosial
c.       Memahami dan menerapkan kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta menunjukkan kebanggan diri sebgai bangsa Indonesia
d.      Memahami adanya keberagaman suku,  ras dan golongan
e.       Menunjukkan kemampuan berpikir kritis, logis, kreatif dan inovatif
f.       Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai sesuai dengan potensi yang dimilikinya
g.      Menunjukkan kemampuan memecahkan masalah dalam lingkungan terdekat
h.      Memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab dan melindungi diri sendiri dari bahayanya
i.        Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis
j.        Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk berkarya
k.      Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, bugar dan sehat
l.        Berkomunikasi dan berinteraksi secara santun dan efektif
m.    Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
n.      Menghargai adanya perbedaan pendapat
o.      Menguasai kompetensi akademik untuk mengikuti pendidikan menengah  
p.      Mengembangkan kejuaraan lomba-lomba akademik dan non akademik
q.      Mengembangkan dan melengkapi administrasi sekolah
r.        Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dan melaksanakan monitoring dan evaluasi tentang kinerja sekolah
s.       Melaksanakan supervisi klinis terhadap kegiatan pembelajaran
t.        Menciptakan usha-usaha dengan memberdayakan potensi sekolah dan lingkungan Mengembangkan perangkat model-model penilaian/evaluasi pembelajaran dan mengimplementasikannya (ulangan harian, ulangan mid semester, ulangan akhir semester, ulangan kenaikan kelas, dll)
u.      Mengembangkan instrumen atau perangkat soal-soal untuk berbagai model evaluasi
20.  Mengembangkan kejuaraan lomba-lomba akademik dan non akademik
21.  Mengembangkan dan melengkapi administrasi sekolah
2.      Tujuan Per Mata Pelajaran

Al-Qur'an-Hadis
a.       Meningkatkan kecintaan siswa terhadap al-Qur'an dan hadis.
b.      Membekali siswa dengan dalil-dalil yang terdapat dalam al-Qur'an dan hadis sebagai pedoman dalam menyikapi dan menghadapi kehidupan.
c.       Meningkatkan kekhusyukan siswa dalam beribadah terlebih salat, dengan menerapkan hukum bacaan tajwid serta isi kandungan surat/ayat dalam surat-surat pendek yang mereka baca. 

Akidah-Akhlak
a.       Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang akidah Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;
b.      Mewujudkan manusia Indonesia yang berakhlak mulia dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kehidupan individu maupun sosial, sebagai manifestasi dari ajaran dan nilai-nilai akidah Islam.

Fikih
a.       mengetahui dan memahami pokok-pokok hukum Islam dalam mengatur ketentuan dan tata cara menjalankan hubungan manusia dengan Allah yang diatur dalam fikih ibadah dan hubungan manusia dengan sesama yang diatur dalam fikih muamalah
b.      Melaksanakan dan mengamalkan ketentuan hukum Islam dengan benar dalam beribadah kepada Allah dan ibadah sosial. Pengalaman tersebut diharapkan menumbuhkan ketaatan menjalankan hukum Islam, disiplin dan tanggung jawab sosial yang tinggi dalam kehidupan pribadi maupun sosial.

Sejarah Kebudayaan Islam
a.       Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma Islam  yang telah dibangun oleh Rasulullah saw dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
b.      Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan  sebuah proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan.
c.       Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.
d.      Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat Islam di masa lampau.
e.       Mengembangkan  kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
Bahasa Arab
1.      Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab, baik lisan maupun tulis, yang mencakup empat kecakapan berbahasa, yakni menyimak (istima’), berbicara (kalam), membaca (qira’ah), dan menulis (kitabah).
2.      Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya bahasa Arab sebagai salah satu bahasa asing untuk menjadi alat utama belajar, khususnya dalam mengkaji sumber-sumber ajaran Islam.
3.      Mengembangkan pemahaman tentang saling keterkaitan antara bahasa dan budaya serta memperluas cakrawala budaya. Dengan demikian, peserta didik  diharapkan memiliki wawasan lintas budaya dan melibatkan diri dalam keragaman budaya.

Pendidikan Kewrganegaraan
a.       Berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan
b.      Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta anti-korupsi
c.       Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya
d.      Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Bahasa Indonesia
a.       Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
b.      Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
c.       Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
d.      Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan  intelektual, serta kematangan emosional dan sosial
e.       Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
f.       Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.

Bahasa Inggris
a.       Mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan dan tulis untuk mencapai tingkat literasi functional  
b.      Memiliki kesadaran tentang hakikat dan pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global
c.       Mengembangkan  pemahaman peserta didik tentang keterkaitan antara bahasa dengan budaya.

Matematika
a.       Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah
b.      Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan  matematika
c.       Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh
d.      Mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah
e.       Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.




Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
a.       Meningkatkan keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaanNya
b.      Mengembangkan pemahaman tentang berbagai macam gejala alam, konsep dan prinsip IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
c.       Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif, dan kesadaran terhadap adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi, dan masyarakat
d.      Melakukan inkuiri ilmiah untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bersikap dan bertindak  ilmiah serta berkomunikasi
e.       Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam memelihara, menjaga, dan melestarikan lingkungan serta sumber daya alam
f.       Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan
g.      Meningkatkan pengetahuan, konsep, dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan  ke jenjang selanjutnya.

Ilmu Pengetahuan Sosial
a.       Mengenal  konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan  masyarakat dan lingkungannya
b.      Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu,  inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial
c.       Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan
d.      Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global.

Seni Budaya
a.       Memahami konsep dan pentingnya seni budaya
b.      Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya
c.       Menampilkan kreativitas melalui seni budaya
d.      Menampilkan peran serta dalam seni budaya dalam tingkat lokal, regional, maupun global.

Penjaskes
a.       Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih
b.      Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik.
c.       Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar
d.      Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan
e.       Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis
f.       Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan
g.      Memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif

TIK
a.       Memahami teknologi informasi dan komunikasi
b.      Mengembangkan keterampilan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
c.       Mengembangkan sikap kritis, kreatif, apresiatif dan mandiri dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
d.      Menghargai karya cipta di bidang teknologi informasi dan komunikasi


Bahasa Daerah Lampung
1        Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Lampung, baik lisan maupun tulis, yang mencakup empat kecakapan berbahasa, yakni menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.
2        Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya bahasa Lampung sebagai salah satu bahasa Daerah untuk menjadi alat utama dalam mengkaji sumber-sumber kebudaya daerah Lampung.
3        Mengembangkan pemahaman tentang saling keterkaitan antara bahasa dan budaya. Dengan demikian, peserta didik  diharapkan memiliki wawasan budaya daerahnya dan melibatkan diri dalam keragaman budaya.


Bimbingan Praktik Ibadah (BPI)
1.      Meningkatkan kualitas pengetahuan ibadah keseharian sehingga semakin meningkatkan kekhusyukan dalam pelaksanaan ibadah
2.      Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya pelaksanaan ibadah sebagai upaya mendekatkan diri kepada Alloh SWT sehingga dapat berimbas pada segala aspek kehidupan     


Tidak ada komentar:

Posting Komentar