Kamis, 21 Januari 2016

PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH PADA MTs. NEGERI 2 PRINGSEWU TERJUNKAN SISWA PENJELAJAHAN ALAM

Pringsewu (Inmas). Kamis (21/1/2016) Kurikulum 2013 memerlukan kreasi dan inovasi guru untuk melakukan berbagai manuver agar sesuai dengan tepat sasaran. Mata pelajaran Penjaskes yang pada saat ini sebagai jembatan terdepan agar siswa memiliki kesehatan fisik dan mental memiliki tanggungjawab memberikan ruang lebih luas pada siswa untuk lebih berkreasi mengembangkan pengetahuan dasar yang dimiliki. Salah satu upaya yang dilakukan oleh guru penjaskes MTs. Negeri 2 Pringsewu, Sujarwo adalah dengan melakukan penjelajahan alam yang didalamnya memperkenalkan alam sekitar, memperkenalkan tumbuhan dan tanaman obat, mengetahui manfaat dan tata cara pengelahannya. Untuk kali ini penjelajahan dilakukan oleh kelas VII.5. 

 “Alam disekitar kita sangat kaya akan fungsi dan manfaat, terutama dalah tanam tumbuh yang ada memiliki aneka ragam manfaat dan fungsi. Oleh karenanya pengenalan tanaman dan tumbuhan obat sangat dibutuhkan siswa. hal ini dimaksudkan agar siswa memiliki pembekalan dini tentang herbal agar tidak tergantung dengan obat-obatan kimia”. Ungkap Jarwo. 

Menindak lanjuti kegiatan penjelajahan singkat yang hanya memanfaatkan dua jam pelajaran tersebut, selanjutnya siswa akan ditugaskan untuk mempresentasikan secara kelompok dan dilakukan penilaian. Berhasil ditemui Riska Febriyanti ketua kelas VII.5 menyampaikan bahwa saat ini merasa senang karena penjelajahan ini akan menghilangkan kepenatan dan kebosanan ketika melulu belajar diruangan.

“Belajar dialam terbuka bahkan di luar sekolah terasa lebih menyenangkan buat kami. Selain bisa menikmati udara segar di luar, juga bisa langsung mengetahui obyek bahasan pelajaran tentang tanaman obat. Pemanfaatan alam sekitar sebagai laoratorium alam akan membantu kami cepat memahami materi pelajaran”. Pungkasnya sambil menujukkan pohon duku yang rantingnya bisa dimanfaatkan untuk pengusir nyamuk bila dibakar. 

 Kontributor: Mustangin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar