Senin, 25 Januari 2016

SUKSESKAN PROGRAM ADIWIYATA MTs. NEGERI 2 PRINGSEWU ADAKAN RAPAT TEKNIS


Pringsewu (Inmas). Kata ADIWIYATA berasal dari 2 (dua) Kata “ADI” dan “WIYATA”. Adi memiliki makna: besar, agung, baik, ideal dan sempurna. Wiyata memiliki makna: tempat dimana seorang mendapat ilmu pengetahuan, norma dan etika dalam berkehidupan sosial. Jika secara keseluruhan ADIWIYATA mempunyai pengertian atau makna: tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh secara ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita menuju keada cita-cita pembangunan berkelanjutan.
Program Adiwiyata adalah : salah satu program Kementrian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah atau madrasah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapakan setiap warga madrsah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif.
Menyikapi hal ini,  pada Senin (25/1/2016)  bertampat diruang kepala madrasah, unsur  pimpinan manajemen  MTs Negeri 2 Pringsewu melakukan rapat teknis untuk mengkaji lebih dalam program tersebut. Dalam pertemuan itu kepala MTs. Negeri 2 pringsewu Tarmadi, S.Pd. menyampaikan bahwa  tujuan Program Adiwiyata adalah  menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggungjawab dalam upaya penyelamatan lingkungan bagi madrasah.
“ Program Adiwiyata harus berdasarkan norma-norma kebersamaan, keterbukaan, kejujuran, keadilan, dan kelestarian fungsi Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam. Dalam pemenuhan kebutuhan secara bertahap harus dipenuhi. Oleh karenanya  perlu adanya perencanaan yang matang” . Lanjutnya.
Senada dengan Tarmadi, wakil kepala bidang sarana Hj. Umi Harni menambahkan ntuk menjadikan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan maka diperlukan beberapa kebijakan madrasah  yang mendukung dilaksanakan kegiatan pendidikan lingkungan hidup oleh semua warga madrasah  sesuai dengan prinsip dasar program Adiwiyata yaitu partisipatif dan berkelanjutan.
Kontributor: Mustangin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar